Kajian Islam: DO'A HENDAK MAKAN DAN BERPAKAIAN

Rabu, 29 Januari 2014

DO'A HENDAK MAKAN DAN BERPAKAIAN



Ketika hendak makan, maka kita di sunnahkan untuk mengucapkan do'a sebagaimana hadits Nabi sholallohu'alaihi wassalam dari Mu'az bin Anas radhiyallahu `anhuma bahwa Nabi shallallahu `alaihi wasallam  bersabda : Barangsiapa yang akan makan lalu mengucapkan do'a ini, maka akan diampunkan dosanya yang telah lalu. Berikut adalah do'anya:
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ
“Segala puji bagi Allah Yang memberi makan ini kepadaku dan Yang memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku.”
 Dan Barangsiapa yang akan berpakain lalu mengucapkan do'a dibawah ini, maka akan diampunkan pula dosanya yang telah berlalu, yaitu membaca:
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِن ْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ.
Segala puji bagi Allah Yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.”  H.R. Abu Daud dan Tirmidzi. [1]
Sedangkan apabila pakaian yang akan dipakai adalah pakaian baru, maka ada do'a khusus yang di contohkan Nabi sholallohu'alaihi wassalam, yaitu: 
Dari Abu Sa'id Al Kudri radhiyallahu `anhu , ia berkata : “Adalah Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bila memakai pakaian baru baik sorban, gamis, beliau mengucapkan:
اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ
(Ya Allah, segala puji untukku Engkau yang memberiku pakaian, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan itu dibuat, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan pakaian itu dibuat”.
Abu Nadhrah berkata: para sahabat Nabi , bila salah seorang diantara mereka memakai pakain baru mereka mengucapkan kepadanya:
تُبْلِي وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى.
Kenakanlah sampai lusuh, semoga Allah ta'ala memberikan gantinya kepadamu. HR Abu Daud dan Tarmizi. [2]


[1] . hadist shahih , diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 4023 dan tirmizi no hadist 3458.
[2] . Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 4020 dan Tirmizi no hadist : 1767.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar